Andrinof Chaniago, "Meminta Pemko Padang" untuk Tata Kawasan Wisata

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Kota Padang  saat ini telah jauh berkembang terutama pembangun lokasi objek wisata, segala fasilitas menuju kelokasi wisata  sudah bagus, seperti pembangunan jalan dan jembatan serta sarana lainnya memadai.

Maka itu, Mantan Menteri Bappenas RI Andrinof Chaniago berharap Pemko Padang segera menata kawasan wisata Gunung Padang - Pantai Air Manis. 

Disebankan di sepanjang jalan kawasan wisata yang indah tersebut sudah banyak berdiri bangunan liar yang merusak pemandangan ke laut, sehingga akan mengganggu kenyamanan para pengunjung melihat keindahan alam di sekitarnya.

"Ini harus segera ditata supaya tidak menutup pemandangan ke laut," sebut Andrinof di sela-sela olahraga jalan santai di kawasan wisata Gunung Padang - Pantai Air Manis, Minggu (10/08) pagi.

Dan juga harapan komisaris utama Bank Rakyat Indonesia (BRI) itu juga berharap pemerintah kota Padang untuk segera membangun fasilitas pendukung kepariwisataan di kawasan sepanjang pantai tersebut. 

"Dan, segera bangun rest area tempat istirahat dan kuliner di lokasi-lokasi yang tidak merusak keindahan pemandangan ke arah laut," harap Andrinof.

Andrinof menjelaskan bahwa Pemko Padang seharusnya bergerak cepat, dan perlu menggandeng investor yang peduli dengan pariwisata dapat mengangkat taraf kehidupan masyarakat di sekitarnya.

"Buat desain yang representatif, dan bagi mana yang ditangani dengan APBD, dan mana yang ditangani dengan CSR. Ini harus jelas dan kita persamakan," rinci dia.

Andrinof yang didampingi Penggiat Wisata Syafriawati dan Novermal Yuska itu menambahkan, pihaknya siap membantu Pemko Padang menggaet CRS dari perusahaan-perusahaan besar, termasuk BUMN-BUMN.

 "Insya Allah akan saya bantu. 'Basamo mako manjadi'," tegasnya.

Pantauan di lapangan, di sepanjang jalan kawasan wisata Gunung Padang - Pantai Air Manis telah banyak berdiri bangunan liar tempat jualan minuman dan makanan. Bangunan-bangunan tersebut telah merusak dan menghalangi pemandangan ke arah laut.

Hal ini harus segera di tertibkan Pemko Padang, persoalan ini sering di alami akibatnya nanti akan terjadi penggusuran, maka itu, selagi masih cecak, kalau sudah jadi buaya akan lebih susah menertibkannya nanti.

Sebelum terjadi hal yang tak di inginkan kelak dari sekarang para pedagang yang berjualan di sepanjang tepi pantai di lokasi objek wisata untuk segera di tertibkan dan carikan solusi terbaiknya.(tf/ny).