Pemda Pasaman Segera Gelar Sosialisasi KKBPK Buat Kaum Muda

IMPIANNEWS.COM, (Pasaman).

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Pasaman Dra. Hj. Yusnimar Apt baru-baru ini (12/12) menginformasikan tentang gelaran sosialisasi program Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK).

Disebutnya sosialisasi segera diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Pasaman pada 17 Desember nanti dan akan dihadiri Sekretaris Utama sekaligus Plt Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) H. Nofrijal MA (17/12).

Yunnismar menyampaikan kegiatan ini akan difokuskan kepada kaum muda dengan tema Ketahanan Keluarga dan Genre Kreatif.

Lebih lanjut wanita yang pernah menjabat Kepala Dinas Kesehatan Pasaman  menguraikan, program KKBPK ini merupakan program strategis yang digerakkan secara Nasional melalui BKKBN.

Menurutnya program ini pada prinsipnya adalah upaya-upaya yang dilakukan pemerintah  secara sistematis dan terukur untuk meningkatkan derajat hidup masyarakat Indonesia, melalui keluarga.

Seterusnya ia mengatakan sosialisasi ini digerakkan dalam wadah Pusat Informasi Konseling (PIK) yang saat ini sudah dibentuk pada sekolah-sekolah menengah yang ada di Pasaman. Dan semua anggota yang tergabung dalam PIK ini disebut Generasi Berencana (Genre).

Lagi penjelasan disampaikannya, kegiatan PIK Remaja ini berbasis pada prinsip Triad KRR (Kesehatan Reproduksi Remaja), yaitu Say no early marriage (katakan tidak pada pernikahan muda), No sex before marriage (tidak berhubungan sex sebelum menikah), dan No drug’s (katakan tidak pada narkoba).

Ditambahkan oleh Kabid Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Maiyarni Lubis, sosialisasi tanggaL 17 nantinya dikemas semenarik mungkin dengan rangkaian acara diantaranya sepeda santai dari Lubuk Sikaping ke Taman Equator Bonjol, senam kesegaran jasmani di Taman Equator, lalu acara pokok sosialisasi Program KKBPK di kawasan Mega Wisata, terakhir dilengkapi dengan kegiatan arung jeram dari Mega Wisata menuju Kumpulan.

Ia berharap sosialisasi berjalan sukses dan adanya dukungan semua pihak, terutama kepala SOPD, stake holder terkait, jajaran Dinas  Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemerintah Kecamatan Bonjol, Pemerintahan Nagari se Kecamatam Bonjol, para insan pers.

“Semoga dapat mencapai tujuan membangun pemahaman masyarakat tentang pentingnya pembangunan keluarga”, tukiknya (suf78)