Kejurda Tinju Amatir Piala Walikota Padang Resmi Dibuka

IMPIANNEWS.COM (Padang).

Kejuaraan Daerah (Kejurda) Tinju Amatir Piala Walikota Padang I Tahun 2017 resmi dibuka Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah, Kamis (14/12). Sebanyak sebelas kabupaten / kota di Sumatera Barat ikut ambil bagian dalam kejuaraan tinju memperebutkan piala orang nomor satu di Padang itu. Ajang ini berlangsung selama 13-15 Desember di GOR Bela Diri H. Agus Salim. 

Walikota menyampaikan, untuk menggelar ajang ini Pemerintah Kota (Pemko) Padang bekerjasama dengan Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kota Padang dan beberapa pihak. 
Tujuannya antara lain, menggelorakan kegiatan olahraga khususnya di Padang, dalam hal ini melalui cabang olahraga (cabor) tinju amatir antar peserta dari kabupaten/kota se-Sumbar. 

“Melalui olahraga kita berharap, masyarakat khususnya generasi muda memiliki jasmani dan rohani yang sehat. Sehingga dengan itu mereka akan terjaga dan terhindar dari hal-hal negatif. Maka itulah kita perlu menggelar Kejurda Tinju Amatir Piala Walikota ini,” jelas Mahyeldi.

Atas nama Pemerintah Kota Padang Mahyeldi pun menyampaikan terimakasih kepada semua pihak, sehingga dapat digelarnya kejuaraan tinju tersebut.

‘’Insyaallah kita akan mengusahakan ajang ini menjadi ajang tahunan. Kita tentu berharap para peserta dapat menampilkan kemampuan dan bersaing secara baik," harapnya.

Di samping itu harap Mahyeldi, juga untuk semakin bergeloranya olahraga tinju di Padang. Disusul semakin bermunculannya bibit-bibit petinju, sekaligus persiapan petinju Kota Padang mempertahankan prestasi  ke depan.

“Baik mewakili Padang di Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumbar maupun mewakili Sumbar untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) di masa datang,” imbuhnya bersemangat.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Dodi Asrialdi Damanik menyebutkan Kejurda Tinju Amatir Piala Walikota Padang ini mempertandingkan tiga kelas. Yakni kategori Youth Putra, Youth Putri, dan Elite Man. 

"Kejuaraan ini menggunakan peraturan AIBA / Pertina edisi terbaru," jelas Dodi. 

Sementara terang Dodi,panitia telah menyiapkan hadiah cukup menarik dan bergengsi pada kejuaraan ini. 

“Selain meraih Piala Walikota Padang, juara pertama mendapatkan medali, piagam serta uang pembinaan. Juara kedua dan ketiga mendapatkan medali dan piagam. Untuk itu mari kita ikuti dan ramaikan kejuaraan ini," imbau Dodi.

Pembukaan Kejurda Tinju Amatir ini juga dihadiri Ketua Umum Pengprov Pertina Sumbar Togi P. Tobing, pihak Koni Sumbar dan Padang serta lainnya. (mg / vd)