Jajaran Pendidikan Madrasah Kankemenag Kota Payakumbuh Siap “SUKSES UNBK”

 IMPIANNEWS.COM ( Payakumbuh).

Berdasarkan SE Dirjen Pendis Nomor 392 tahun 2017 tertanggal 25 April 2017  tentang kalender Pendidikan Madrasah TP 2017/2018 yang menerangkan bahwa ada beberapa ujian yang akan dijalani siswa madrasah untuk semester ganjil TP 2017/2018, kedepan.

Untuk melihat sejauhmana kesiapan madrasah, jajaran Seksi Pendidikan Madrasah kankemenag Kota Payakumbuh gelar pertemuan dengan seluruh kepala madrasah di aula serbaguna, pada Selasa (05/12). Rapat ini juga tampak dihadiri Pengawas madrasah dan Pengawas RA. Rapat ini diawali dengan paparan dan laporan kepala madrasah, termasuk jumlah siswa yang akan mengikuti ujian.

Diterangkan Kasi Pendmad, Darius, kami sangat berterima kasih sekali dengan persiapan yang telah dilakukan.

” Berdasarkan kalender pendidikan ada beberapa rangkaian ujian yang akan kita jalani dan yang harus kita siapkan. Seperti ujian semester yang sedang berlangsung hari ini hingga tanggal 9 Desember mendatang, terus pembagian rapor semester ganjil. Yang tak kalah penting kita kejar adalah sukses UNBK, yaitu kesiapan madrasah menjelang pelaksanaan ujian yang berbasis komputer. Hingga hari ini, baru ada 2 madrasah yang siap untuk menyelenggarakan Ujian berbasis komputer secara mandiri. Kita tunggu kabar dari madrasah lain,” ucap Darius.

“Selain kesiapan madrasah sebagaimana telah diatur dalam kalender pendidikan. Ada beberapa momen penting yang akan kita jelang, dan kita pasti terlibat dalam momen  tersebut.

Seperti HUT Kota Payakumbuh dan HAB Kementerian Agama Ke 72, yang akan melibatkan siswa. Untuk itu kami mengharapkan kepala madrasah beserta majlis guru dan pegawai, silahkan atur waktu dengan cermat. Jangan sampai nilai siswa kita turun. Kita harus komit dengan motto Akhlak mulia, Nilai baik dan Lulusan bersain atau ANL. Mari kita siapkan semuanya, terkhususnya siswa kelas VI, kelas IX dan kelas XII. Tingkatkan pembinaan terhadap siswa dengan melibatkan penguatan dari walimurid,” terang Darius.

Kepala MTsS SIH, Dasrul Fauzi, “berkat tekad yang kuat dan didukung 3 unsur penting pendidikan, alhamdulillah kita sudah siap untuk menghadapi ujian berbasis komputer. Namun ada beberapa fasilitas yang harus kita kejar. Kita masih terkendala rendahnya daya listrik dan kekuatan sinyal wifi,” terangnya.

Sementara itu Kepala MTsN 1 Payakumbuh, sahidin melaporkan, Kita sedang mengusulkan bantuan komputer, semoga terwujud. Belajar dari tahun ajaran lalu, kita menumpang di sekolah umum untuk pelaksanaan ujian berbasis komputer. Hal ini juga telah kita rapatkan dengan walimurid, agar tidak disebut pungli,” lapor Sahidin.

Dalam rapat yang berlangsung jelang ‘Ashar ini juga dibahas kesiapan madrasah dalam mensukseskan HAB Kementerian Agama Ke 72, terutama kesiapan siswa dalam pelaksaan upacara bendera tanggal 3 januari 2018.(ul)